Senin, Agustus 09, 2010

Manfaat Bunga Rosela



Mungkin bunga ini sudah banyak di kenal,namun belum banyak yang mengetahui manfaat dari bunga rosalia (rosella/rosali) ini.dulu banyak orang yang menanaman bunga ini hanya sebagai tanaman hias didepan rumah karena keindahannya.Padahal sebenarnya bunga ini memiliki manfaat yang sangat bagus bagi kasehatan.Selain di buat sebagai obat juga dapat di buat minuman/sirup,bahkan ibu saya juga sering membuatnya menjadi manisan.
Namun sekarang sudah banyak orang yang menanam dan berbisnis bunga rosalia ini.Khususnya dalam bidang kesehatan.Namun apabila kita tidak mengetahui cara dan tekhnik yang benar menanam sampai pengeringannya,maka manfaat/khasiat dari bunga ini akan banyak berkurang.Jadi kita harus benar-benar teliti dan hati-hati,agar manfaatnya tidak banyak berkurang.
Hal-hal yang harus di perhatikan dalam proses penanaman sampai bunga siap di olah,antara lain :
Pada waktu penanaman bunga rosalia usahakan tidak menggunakan pupuk,apalagi pupuk yang mengandung bahan kimia.Terutama pada waktu bunga rosalia sudah mulai berbunga.Namun pada awal penanaman bibitnya tidak apa-apa bila kita memberinya pupuk agar pohonnya tidak mati dan cepat tumbuh besar.
Tanam bunga rosalia pada lahan yang cukup pengairan.Apabila dalam musim kemarau usahakan pengairan tetap maksimal,misalnya seminggu sekali.
Waktu pemisahan isi dari kelopak Bunganya harus hati-hati juga,agar kelopaknya tidak rusak.kita dapat menggunakan batang payung yang di potong-potong kurang lebih 15 cm.Tetapi jangan yang sudah berkarat.
Jemur kelopak bunga rosalia pada tempat yang bersih selama kurang lebih 1minggu.Sampai warna kelopaknya berubah warna agak gelap dari warna sebelumnya.
setelah kering simpan dalam plastik besar dan bersih,kemudian simpan ditempat kering dan bersih sampai bunga siap diolah.

Jenis-jenis bunga rosalia yang banyak di tanam petani :
Bunga rosalia warna merah
Bunga rosalia warna ungu
Bunga rosalia cumi-cumi
bunga rosalia cumi-cumi belang

Manfaat dari bunga rosalia,antara lain :
Dapat mengobati darah tinggi,gejala kanker,penyakit ginjal,meningkatkan nafsu makan,pegal linu,meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh,melancarkan proses pencernaan, dan masih banyak yang lainnya.

Selamat Mencoba……..!!!!!!!

Bantu kami memperbaiki blog ini. Hubungi saya jika Anda menemukan konten yang rusak, aneh atau tidak berhasil Anda terapkan. Silahkan beritahu kami dengan klik : Contact Me! . Kami akan berusaha membalas atau memperbaiki konten secepatnya. Terima Kasih.

0komentar:

Silahkan Anda Baca

 
Kumpulan Ilmu toga Indonesia | Toga Indonesia. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.